Info

Sampah Dan Himbauannya

Papan pengumuman Dilarang Buang Sampah Disini
Papan pengumuman Dilarang Buang Sampah Disini

Membaca papan pengumuman yang dipasang oleh BLHK pada sisi kiri sebelum masuk jembatan Cunda membuat saya prihatin terhadap perilaku sebagian orang yang masih membuang sampah sembarangan meskipun papan pengumuman telah dipasang oleh pihak terkait. Setiap harinya sampah ini selalu ada, meskipun telah diangkut oleh pihak BLHK. Sampah yang dibuang di pinggir jalan ini kadang-kadang juga dibuang di pinggiran sungai, sehingga sampah tersebut akhirnya terbawa arus hingga sampai ke laut.

Sampah yang dibuang oleh sebagian masyarakat tersebut merupakan sampah yang berasal dari rumah tangga. Kebanyakan sampah itu terbuat  dari plastik sehingga sangat sulit terurai. Pernah beberapa kali saya melihat orang dengan seeenaknya saja membuang sampah dari sepeda motornya. Jangankan untuk turun, sampah tersebut dicampakkan begitu saja oleh pemiliknya.

“Macem mana tempat kita bisa bersih, orangnye aje buang sampah asal-asal. Padahal tempat kita lebih oke lagilah. Waktu kakak di luar Aceh bersihlah smapah gak macem ini orang buang-buang” tutur kakakku. Saat itu aku pagi pukul 06.30 wib, aku dan kakakku hendak ke pasar, dan melihat kejadian itu. Ya aku sadar ucapan kakakku itu benar, daerah kita ini juga indah, bahkan tidak kalah juga dengan daerah lainnya namun kita masih kalah dengan budaya hidup bersih.

Bila kita cermati, budaya hidup bersih merupakan budaya hidup kita sebagai orang muslim tentunya. “Kebersihan adalah sebahagiaan dari iman”. Dari taman kanak-kanak kita mendengarnya hingga sekarang, kata-kata tersebut tidak hilang dari ingatan kita. Tapi praktiknya kita kurang menyadarinya.

Himbauan telah kita baca, kita lebih cinta kebersihan, semoga saja kita lebih menyadari apa artinya kebersihan. Untuk kita semua, mari biasakan membuang sampah pada tempatnya, walaupun itu hanya sampah permen. Terima kasih

Advertisements

2 thoughts on “Sampah Dan Himbauannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s