Ragam

Akhirnya Ubuntu Terinstall lagi Di Laptop

Tampilan Ubuntu pada laptop Compaq Presario CQ40-121
Tampilan Ubuntu pada laptop Compaq Presario CQ40-121

Banyak orang yang sering mendengar nama linux. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Sumber terbuka utama yang dimaksud adalah sebuah sistem operasi open source yang kode-kode dalam sistem operasi ini dapat dikembangkan. Dalam perkembangannya Linux pun sangat banyak ragamnya, salah satunya adalah Ubuntu.

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu )

Setelah sekian lama tidak memakai sistem operasi yang satu ini pada laptop, akhirnya saya memakainya lagi. Tapi tetap dengan menggunakan dual boot yaitu windows 7 dan Ubuntu 14.04 LTS. Setelah membaca beberapa artikel tentang ubuntu pada media online beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk mendownload Ubuntu dan memasangnya pada laptop.

Menggunakan linux Ubuntu sepenuhnya bagi saya memang masih dalam tahap penyesuain. Bagaimana tidak ketika saya belajar pertama kali menggunakan komputer, sistem operasi yang saya gunakan adalah windows xp, windows vista, hingga ke windows 7. Untuk windows 8 saya belum menggunakannya, maklum saja laptop saya tidak kurang spesifikasinya. Berbeda dengan ubuntu walaupun setiap tahun ada rilis terbarunya, laptop compaq presario cq-40 121 yang saya beli pada tahun 2009 ini masih mampu untuk menjalankan sistem operasi yang satu ini.

Ada sebuah pertanyaan dari salah satu teman saya, “mengapa instal ubuntu padahal ada windows juga?”. Agar saya terus membuka laptop saya, dan saya tidak dipusingkan dengan yang namanya antivirus. Untuk urusan mengetik ada aplikasi sejenis office juga yaitu Libre Office, jawab saya. Selain itu, bila saya ingin menggunakan windows maka pada saat saya menghidupkan laptop maka ada pilihannya untuk memakai window karena laptop ini memilki dual boot.

Inilah sedikit berbagi dari saya, setelah lama tidak mempublis tulisan dari saya. Oh iya, tulisan ini saya tulis dan posting melalui Sistem Operasi Ubuntu juga. Bila teman-teman tertarik untuk memasang dual boot yaitu windows dan ubuntu tidak ada salahnya mencoba.

Terima kasih

Advertisements

2 thoughts on “Akhirnya Ubuntu Terinstall lagi Di Laptop

  1. sama bang, saya juga dual boot dengan ubuntu 14.
    tampilannya asik kayak mac os, juga ringan dan gak usah pusing virus.
    cocok kalo cuman mau ngeblog dan pekerjaan ringan lainnya.
    asiknya juga sudah bisa baca NTFS 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s