Ragam

Sekedar Jalan-Jalan

DSC03402Kabupaten Aceh Utara merupakan kabupaten yang termasuk luas di provinsi Aceh. Di Kabupaten ini terbagi kepada 24 kecamatan hingga saat ini.  Pada kabupaten ini banyak terdapat peninggalan sejarah mulai dari pada masa prasejarah,  Kerajaan Pasai hingga pada masa perjuangan. Pada peninggalan masa prasejarah, sampai saat ini saya belum pernah melihat langsung, yaitu penemuan batu-batu yang menyerupai kuburan (esophagus) yang terletak di Kecamtan Geureudong Pase. Masa Kerajaan Pasai tentunya saya pernah ke daerah ini, awal pertama kali ketika saya duduk di kelas 5 SD karena untuk belajar sejarah. Sedangkan pada masa perjuangan melawan Jepang yaitu seperti pada daerah Kecamatan Syamtalira Bayu dengan dibangun sebuah tugu.

Berangkat ingin sekedar jalan-jalan ke daerah kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Utara, saya beserta 3 orang teman pada hari Senin (23 Desember 2013), melakukan jalan-jalan ke beberapa daerah yang terdapat di Kecamatan Aceh Utara. Berangkat dari Lhokseumawe dengan motor matic mio pada pukul 13.30 wib, saya, Agus, dan Adzan terlebih dahulu menjemput Muksalmina yang pada saat itu telah pulang dari kuliahnya di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Setelah sampai di Politeknik kami pun menghubunginya, dan dia ingin juga jalan-jalan bersama kami. Sedangkan motornya dititipkan kepada teman kuliahnya, dan setelah pulang nanti dia akan mengambil kerumah temannya tersebut yang juga tinggal di Kota Lhokseumawe.

Dan perjalananpun dimulai, hal yang harus kami lakukan adalah mengisi bensin di SPBU yang terdapat di Kota Geudong. Selanjutnya kami masuk ke arah kanan menuju Keude Krueng. Selanjunya dari Keude Krueng ini maka kami terus berjalan lurus sehingga bertemu dengan simpang Polsek Kecamatan Meurah Mulia. Dan perjalanan dilanjutkan ke arah pasar Jungka Gajah. Dari pasar ini kami terus mengikuti sepanjang jalan yang ada hingga kami sampai di Bendungan Krueng Pase. Krueng Pase ini sendiri merupakan sungai yang mengairi irigasi-irigasi di beberapa kecamatan. Debit air pada hari itu tinggi dan berwarna kuning, mungkin karena di hulu sungai tersebut hujan. Tapi sayang kami tidak berhenti untuk mengambil gambar di bendungan Krueng Pase ini karena kami ingin terus melanjutkan perjalanan ke Desa Leubok kilet yang termasuk dalam kecamatan Geureudong Pase.

Dari bendungan Krueng Pase lalu kami melanjutkan perjalanan ke desa Leubok Kilet yang masuk ke dalan kecamatan Geureudong Pase. Desa ini merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Meurah Mulia. Di desa ini jalan yang kami lalui belum beraspal, namun desa ini masuk dalam Proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Perdesaan Wilayah Barat Kabupaten Aceh Utara. Sehingga desa ini hanya dilakukan pekerjaan Jalan pada Subgrade atau sering disebut timbunan tanah dasar agar nantinya bisa dilanjutkan dengan pekerjaan jalan yang lain hingga ke tahap pengaspalan sehingga kehidupan di derah ini lebih baik lagi. Dan untuk proyek di desa ini lebih lengkapnya adalah Proyek Peningkatan Jalan Baree-Murah Mulia-Leubok Kilet Kecamatan Geuredong Pase.

Sampai di desa ini, kami terus masuk mengikuti jalan yang telah dikerjaan hingga ke tahap subgrade. Saat itu menunjukkan pukul 15.05 wib. Masuk ke perkampungan kami tentunya memberi salam kepada penduduk yang sedang beristirahat di kedai-kedai. Dengan hanya mengucapkan assalamu ‘alaikum, mengangkat tangan ke atas, serta dengan senyuman. Seperti kata pepatah “Dimana langit dijunjung, disitu tanah dipijak”. Dan Alhamdulillah penduduk yang sedang beristirahat disana membalas salam kami juga serta sambil mengangkat tangan dan tentunya juga dengan senyum di wajah mereka.

Continue…..

Advertisements

2 thoughts on “Sekedar Jalan-Jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s