Info

Hari “Meugang” Kecil

Senin pagi (08/07/2013) seperti biasa aktivitas pagi yang mengharuskan semangat bagi jiwa karena hari ini adalah hari senin. Dengan percaya diri saya membalas beberapa sms teman saya yang menanyakan apakah hari ini saya akan ke kampus atau tidak. Selain mereka menanyakan hal yang pasti, ternyata salah satu teman saya ingin mengajak saya ke tempat praktek kerja lapangan. Sebagai mahasiswa saya tentu saja ingin lebih banyak bisa melihat praktek kerja apalagi di bidang saya yaitu teknik. Namun, saya pun membalas pesannya bahwa saya harus ke kampus.

Perjalanan ke kampus kali ini, saya pergi dengan menggunakan motor RX King tahun 2004. Bukan saya tidak ingin pergi menggunakan bus mahasiswa, akan tetapi bus mahasiswa hanya beroperasi satu unit. Dan jadwalnya kurang saya ketahui. saya berangkat pada pukul 10.20 wib dan tiba di kampus pada pukul 11.00. Hari ini ternyata di jalan negara Medan-Banda Aceh ramai disebabkan salah satunya adalah hari ini hari “meugang” kecil di beberapa tempat seperti di pasar cunda, pasar Batuphat, dan Pasar Krueng Geukuh dan di beberapa simpang.

Hari “meugang” sendiri saya maknai adalah suatu budaya dimana  warga Aceh membeli daging sebelum memasuki bulan suci ramadhan dan juga menjelang hari raya Idul Fitri dan juga hari raya Idul Adha. Walaupun di hari meugang ini harga daging sedikit lebih mahal. Di hari biasa harga daging yaitu Rp 90.000-Rp 100.000.Namun, dihari meugang kecil ini harga daging mencapai Rp 120.000-Rp 130.000.

Di keluarga saya sendiri, kami sering membeli daging meugang di hari kedua atau lebih tepatnya satu hari sebelum bulan ramadhan. Bagaimana dengan anda warga Aceh apakah sudah membeli daging meugang?
Bagi saya hari ini atau besok sama saja, karena hari meugang adalah suatu budaya yang tetap ada dari dulu sampai sekarang dan harus kita jaga, agar budaya meugang tetap ada serta memiliki makna tersendiri bagi warga Aceh.

9 thoughts on “Hari “Meugang” Kecil

  1. Klo hari meugang memang sangatlah terasa kalau di Aceh, brader 🙂

    Oya, salam kenal. Dari postingan di atas, kyaknya azhari tinggal di Aceh utara ya? Saya punya kakek n nenek di Buloh Blang Ara di sana 🙂 baca postingan ini bikin pingin pulang ke sana …. hehe 🙂

    visit: http: //homehay.wordpress.com

    1. Salam kenal juga brother…Bicara Tentg meugang memang Aceh yg punya keunikan seperti ini…
      Ya, saya dri Aceh Utara, tpi asal muasal dri Matang, Bireun.
      kan dulu Bireun masih mask Aceh Utara…
      Di Buloh Blang Ara, saya jumat yg lalu ad ke daerah tersebut untk menemani tman karna dia takut bkan asli Aceh, padahal daerh tersebut aman2 saja.

    1. daging meugang itu ya daging sapi, kerbau, kambing. Namun, biasanya warga Aceh menyebut meugang it hari khusus menjual daging dan membeli daginh sebelum menunaikan puasa, atau seblm merayakan lbaran.

  2. Sebagai perantauan dan anak kos di Banda Aceh, kalau pas meugang susah nyari makan deh. Banyak warung makan tutup. Tapi alhamdulillah sih sering dapat undangan makan daging meugang jg. hehe..

Leave a Reply

