Life

Menjadi Tipe Orang Yang Tahu Priotitas

Berdasarkan kepandaian seorang dalam menjalani waktu serta mengelola waktu dalam kehidupannya, maka manusia dibagi menjadi empat tipe yaitu:
Tipe Manusia Penunda
Tipe Manusia Ya,
Tipe Pemalas
Tipe orang yang tahu prioritas.

Sesungguhnya kewajiban yang harus kita lakukan lebih banyak daripada waktu yang tersedia.
Imam Syafi’i pernah berkata, “aku pernah bersahabat dengan kaum sufi. Aku tidak memetik manfaat dari mereka kecuali dua ungkapan bijak. Pertama berbunyi ” waktu adalah pedang,jika engkau tidak dapat, mematahkannya, maka ia justru yang akan memenggalmu. Ungkapan yang kedua ” dan nafsumu, jika engkau tidak membuatnya sibuk dengan kebenaran ia akan menyibukkanmu dengan kebathilan.

Tipe Manusia Penunda
Manusia penunda adalah manusia yang sering menunda-nunda segala kegiatannya walaupun dia menyadari kegiatan tersebut penting dan tidak akan selesai dalan jangka waktu yang singkat. Kegiatan yang dilaksanakannya akan banyak menyita waktu dan tenaga, namun bila dikerjakan secara bertahap setiap harinya maka kegiatan tersebut akan selesai tepat pada waktunya.


Namun, manusia penunda lebih menyukai melakukan kegiatan tersebut bila waktunya sudah terbatas alias deadline. Deadline sendiri baginya memiliki suatu tantangan tersendiri. Sebenarnya orang yang memilih hal seperti ini menyadari dan menjadikan deadline ini seperti pertualangan tersendiri. Di kehidupan sehari-hari kita banyak melihat orang yang memiliki sifat seperti ini, bisa jadi dia adalah anda sendiri, teman anda bahkan saudara anda sendiri.

Tipe Manusia Ya!
Manusia tipe Ya! Atau sering juga disebut “Yes man”. Manusia seperti ini adalah termasuk jenis tipe orang penurut. Dia sering mengikuti orang-orang yang berada di dekatnya. Bila ajakan terhadap tipe ini adalah menuju kebaikan maka hal itu bisa dimaklumi karena akab membuahkan hasil yang baik, tapi bagaimana bila ajakan kepada sesuatu yang tidak baik dan tipe ini tetap melaksanakannya maka sungguh terlalu (kata bung haji seperti itu)…hehehehe

Tipe Pemalas
Untuk tipe orang seperti ini mungkin anda bisa menilainya. Orang seperti ini hanya menginginkan sesuatu tanpa berusaha, dan dia hanya menunggu hasilnya saja. Misalnya saja dimulai dari hal yang paling kecil. Bila dia haus dan menginginkan air, maka dia pun menyuruh seseorang yang berada di dekatnya, sementara untuk mengambil gelas dan menuangkan minuman itu, jarak tempat gelas dan orang tersebut hanya beberapa langkah namun tetap saja menyuruh orang lain.

Di bagian yang lain tipe orang seperti ini pun tidak akan berusaha dengan baik apabila dia menginginkan sesuatu. Dia hanya menunggu dari orang lain tanpa berusaha terlebih dahulu.

Tipe Orang Yang Tahu Prioritas
Tipe seperti inilah yang harus kita miliki saat ini. Tipe ini adalah mengerjakan sesuatu dengan mengutamakan prioritasnya. Dengan memanfaatkan waktu yang ada tentunya segala kegiatan yang dilaksanakan diatur dengan time schedule yang benar-benar telah tertata dengan baik serta mengutamakan hasilnya. Kita sadari tidak semua orang pintar dalam berbagai hal, namun mengatur waktu bisa menjadi sesuatu hal yang harus diatur sepintar-pintarnya.

Banyak orang yang pandai, namun kurang menghargai waktu yang ada dan melakukan hal-hal yang sia-sia. Untuk itu lebih baik kita mengutamakan kegiatan kita yang menjadi prioritas kita. Bila kita sedang dalam keadaan santai dan memiliki waktu luang maka kita dapat memanfaatkannya dengan membaca qur’an, membaca buku, browsing internet, menulis di blog, atau hal lainnya namun kita tetap mengutamakan prioritas kita.

Oke sobat, cukup disini dulu sedikit tulisan saya. Saya berharap kita semua dapat berbagi dalam berbagai hal melalui media blog ini. Terima kasih

Advertisements

2 thoughts on “Menjadi Tipe Orang Yang Tahu Priotitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s