Ragam

Origamiku

image

Sudah sangat lama ingin bisa membuat burung kertas atau lebih dikenal dengan nama Origami. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti melipat kertas. Origami sendiri merupakan seni dalam melipat kertas sehingga berbentuk hewan atau benda lainnya sesuai dengan imajinasi dengan unsur kerapian di dalamnya. Seperti yang kita ketahui Japan (baca : Jepang) sangat menghargai karya seni, kerja keras serta kerapian dalam kehidupan masyarakatnya.

Tanggal 11/04/2013 saat mengikuti rapat PKM-M DUPAN di Universitas Malikussaleh saya berkenalan dengan mahasiswa yang beberapa diantaranya adalah Panitia acara serta peserta rapat juga dari Fakultas Fisip yaitu mahasiswa komunikasi. Tentunya perkenalan dengan mereka sangat asyik serta untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentunya sangat menyenangkan. Beberapa diantara mereka yang saya ingat namanya yaitu Anggi, Ika, Andian, Rian, Roslina, dan Cut. Mereka berasal dari jurusan komunikasi, dan hanya Cut yang berasal dari teknik Elektro jurusan informatika. Berkenalan dengan mereka tentunya membuat saya tidak canggung saat rapat sudah selesai dilaksanakan di aula fakultas hukum, apalagi saya adalah satu-satunya mahasiswa yang berasal dari jurusan teknik Sipil.

Setelah keluar dari ruangan rapat, saya melihat mereka sedang mengambil gambar tepat di bawah spanduk acara PKM-M DUPAN da akhirnya membuat saya tertarik untuk memotret mereka dengan camdigsaku saya dan berbincang-bincang dengan mereka juga sehingga suasana keakraban pun melekat di hati saya seolah-olah saya sudah lama mengenal mereka. Mereka sendiri saat ini berada di semester 4.

Setelah foto-foto selesai, Anggi yang merupakan salah satu panitia dalam acara ini membawa kertas origami yang berwarna-warni membuat saya untuk ingin sekali melipat kertas menjadi burung. Tidak lama berselang sambil berbincang-bincang dengan lainnya, Ika yang merupakan teman seperjuangan Anggi di Fisip pun menawarkan diri untuk melipat kertas. Karena saya juga tertarik akhirnya saya ikut melipat kertas dengan melihat cara melipat kertas yang dibuat oleh Ika. Saat itu kami memilih kertas ang berwarna ungu. Entah apa yang membuat ungu menjadi warna pilihan padahal warna lainnya juga ada. Sambil melihat cara dan teknik melipat kertas yang dibuat oleh Ika, saya pun mengalami kesulitan. Namun, saya memberanikan diri untuk bertanya dan mengajari saya sedikit hal yang sulit, dan akhirnya saya pun berhasil membuat sebuah origami burung seperti yang dibuat oleh Ika. Dialah mentor saya kali ini, saya sangat senang dan karena senangnya saya meminta kertas 1 lagi.

Di lipatan yang kedua ini saya mengulang sendiri cara melipat kertas seperti yang telah saya pelajari dari Ika. Dan tedeng…tedeng…akhirnya saya berhasil dan tentunya lebih rapi dari yang pertama. Saya pun tidak lupa untuk mengatakan terimakasih kepada Ika dan juga kepada teman yang baru saya kenal karena mau berbagi dengan saya baik ilmu dan pengalaman mereka. Dan kami bertemu kembali di hari minggu tepat pada acara pemilihan Duta Pantai (DUPAN) tanggal 14 April 2013 di desa Hagu Barat Laut.

Setelah kembali ke rumah, saya pun berniat untuk mengulang sedikit ilmu melipat kertas tersebut agar tidak lupa. Maka dengan kertas HVS yang ada di kamar saya, maka saya pun membagi kertas tersebut dengan sisi yang sama sehingga saya pun membuat burung kertas kembali. Dan kini saya sudah mahir, alangkah senangnya sekarang saya sudah membuat Origami burung untuk selanjutnya harua bisa membuat katak dan lainnya. Dan dari ilmu ini membuat saya berfikir bahwa “kita bisa membagi ilmu kepada siapa saja serta ilmu yang kita dapat harus sering diasah agar tidak lupa”.
Wassalam

4 thoughts on “Origamiku

Leave a Reply

