Info

Kegiatan PKM-M DUPAN

P1080893

Senin dengan tergesa-gesa setelah membaca headline ada acara yang akan digelar oleh PKM (Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Malikussaleh) maka saya pun memberanikan untuk mengontak salah satu penitia yang ada dalam selebaran yang ditempel di dinding pengumuman kampus. Maklum saja saat itu tanggal 8 April, sedangkan pada selebaran tersebut tanggal pendaftaran dari tanggal 1 s/d 7 April 2013. Setelah mengontak salah satu panitianya maka dia mengatakan bahwa masih bisa mendaftar sampai pukul 14.00 wib di BEM Hukum Unimal di Bukit Indah. Maka akhirnya pun dapat ikut kegiatan  tersebut setelah mendaftar.

selanjutnya pada hari kamis tanggal 11 April semua peserta wajib untuk ikut technical meeting tentang acara yang akan diadakan nantinya. Technical meeting ini bertujuan memberikan pengarahan kepada peserta dalam hal gerakan bersih pantai serta tujuan dalam pelaksanaan acara ini.

P1080888 PKM  yang saya ikuti di beri nama PKM-M Universitas Malikussaleh dan diberi nama PKM-M DUPAN (Duta Anak Pantai) dengan diketuai oleh Alfiandi dari Fakultas Hukum Unimal (Universitas Malikussaleh). Ajang Kreativitas Mahasiswa ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan minggu pada tanggal 13-14 April 2013 bertempat di desa Hagu Barat Laut, Lhokseumawe. PKM yang digelar ini dilatarbelakangi oleh Indonesia sebagai negara Kepulauan dan memiliki adat yang beragam. Ruang lingkupnya yaitu di Aceh dengan wilayah Laut dan Adat Laut, kemudian di perkecil lagi ruang lingkupnya yaitu di Desa Hagu Barat Laut, yang berada di daerah pantai Ujung Blang , Kota Lhokseumawe. Tema yang diusung yaitu “Pemberdayaan Hukum Adat laot Bagi Anak-anak Nelayan Untuk Keberlansungan Pengelolaan Wilayah Pesisir Sebagai Generasi Penerus Konservasi Laut”.

Untuk tempat pelaksanaannya yaitu di Meunasah Hagu Barat Laut, dengan Agenda yaitu :

  • Pemilihan Duta Anak Pantai dimulai dari hari Sabtu-Minggu, 13-14 April 2013.
  • Gerakan Bersih Pantai yang akan dilaksanakan pada hari minggu pada pukul 08.00 – 11.00 wib
  • Deklarasi Generasi Penerus Konservasi Laut

Untuk partisipasinya adalah anak-anak pantai Hagu Barat Laut tingkat SD, SLTP/sederajat yang memiliki jiwa sosial dan cinta lingkungan. Serta Mahasiswa-mahasiswi yang memiliki jiwa sosial dan cinta lingkungan dalam gerakan bersih pantai. selain itu dibutuhkan bantuan pihak-pihak lainnya yaitu masyarakat serta warga kota Lhokseumawe khususnya dalam menciptkan pantai yang bersih, nyaman, indah, serta bebas sampah. Semoga acara yang saya ikuti ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalm hidup saya serta memiliki dampak yang positif untuk kehidupan masyarakat yang cinta Pantai. trims

Advertisements

2 thoughts on “Kegiatan PKM-M DUPAN

    1. iya senang karena memberikan tingkah laku yang nyata kepada anak-anak sehingga nantinya mereka dapat terus menjaga laut dri sampah. selain it masyarakat dan pengunjung pantai jga bsa ikut sadar untk menjaga laut dri pencemaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s