Info

Hari Musik Nasional

Hari ini tepat Tanggal 9 Maret, dan hari ini dijadikan sebagai hari musik Nasional. Sebelumnya sebagai seorang pemusik saya tidak tahu hari musik itu diperingati. Namun, setelah membaca beberapa informasi yang tersebar dari beberapa akun twitter saya baru mengetahui bahwa tanggal 9 maret ditetapkan sebagai hari musik Nasional.

Sebagai seorang pemusik walaupun tidak se profesional pemusik yang ada di Ibukota dan tidak terkenal sama sekali, setidaknya hari ini memberikan sedikit semangat kepada musisi lainnya yang berada di daerah agar tetap berkarya demi kemajuan musik baik di daerah maupun nasional.

Ditetapkannya tanggal 9 maret sebagai hari musik nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yaitu dengan upaya meningkatkan apresiasi terhadap musik nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Seperti yang dikuti dari kompas.com tanggal 9 maret 2013 Sekretaris Kabinet Dipo Alam melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (9/3/2013) mengatakan, Keppres tersebut dikeluarkan juga dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Maka penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional dipertimbangkan dengan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional, yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Selain itu kemajuan musik Nasional memberikan andil yang besar dalam pengaruh budaya serta perekonomian negara melalui industri musik nasional seperti beberapa tahun terakhir yang memiliki beraneka ragam industri hingga melalui dunia maya.

Atas dasar pertimbangan itu semua, Presiden SBY terhitung hari ini menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Jadi dengan penetapan tanggal 9 maret sebagi Hari Musik Nasional memberikan kontribusi dan semangat bagi generasi yang akan datang baik di daerah maupun di kota besar, modern maupun tradisional semoga. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s