Galeri Fotoku · Info

Memotret Tanaman Air : Bunga Teratai

image

Melihat tanaman di dalam air menjadi ke unikan tersendiri. Banyak tanaman yang tumbuh di dalam air yang pastinya berbeda antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Ada bunga yang indah, cantik, dan juga memiliki keunikan tersendiri yaitu bunga teratai. Nama botani tanaman ini adalah Nelumbium nelumbo Druce dengan Famili Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris, bunga dari genus Nymphaea ini dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Sedangkan nama lokal tanaman ini yaitu Padma, seroia, terate, tarate, taratai besar.

image

Tanaman air menahun yang indah, aslinya berasal dari daratan Asia. Bunga teratai dibudidayakan di perairan dan kolam, kadang ditemukan tumbuh liar di rawa-rawa. Tanaman air yang tumbuh tegak. Rimpang tebal bersisik, tumbuh menjalar. Seperti foto yang terlihat di dalam AzharibloggerAzhariblogger ini adalah teratai yang tumbuh di kolam.

Bunga yang terdapat pada teratai yaitu terletak pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunga antara 5-10 cm. Pada teratai daun dan bunga keluar langsung dari rimpangnya yang terikat pada lumpur di dasar kolam. Helaian daun lebar dan bulat, disangga oleh tangkai yang panjang dan bulat berdiameter 0,5-1 cm, panjangnya 75-150 cm. Daun menyembul ke atas permukaan air, menjulang tegak seperti perisai.

image

 

 

Selain memiliki keindahan tersendiri ternyata bunga teratai ini memiliki khasiat untuk tubuh sebagai obat-obatan. Diantaranya seperti yang saya kutip dari berbagai sumber yaitu diare, disentri, keputihan, kanker nasopharynx, demam, insomnia, Hipertensi, muntah darah mimisan, batuk darah, sakit jantung; Beri-beri, sakit kepala, berak dan kencing darah, anemia, ejakulasi dini.

Bagian yang dapat dipakai dari teratai yaitu seluruh bagian tanaman. Rimpang, daun dan tangkai, bunga dan benang sari, biji dan penyangga bunga yang seperti sarang tawon/spons (reseptacle), serta tunas biji Baik pemakaian segar atau yang telah dikeringkan. Jadi tidak heran teratai juga dirawat oleh beberapa orang untuk ditanam di kolam. Untuk melihat lebih teliti akan kegunaan teratai anda bisa mengunjungi salah satu blog yaitu http://www.smallcrab.com/kesehatan/163-khasiat-bunga-teratai.

Sedangkan dari sisi kepercayaan bunga teratai bagi pemeluk agama Budha mereka menganggap bunga teratai sebagai lambang kesucian. Hal ini tercermin dalam berbagai lukisan dan patung yang menggambarkan Sang Budha sedang duduk bersemedi di atas bunga teratai. Bila anda pernah melihat salah satu film Kera Sakti maka anda melihat bagaimana Sang Budha duduk di atas teratai.

image

Jadi bagi anda yang mempunyai kolam maka tidak ada salahnya untuk memelihara bunga teratai karena selain memiliki keindahan juga memiliki khasiat sebagai obat traditional seperti yang telah saya uraikan.
Sekian dari Azhariblogger semoga bermanfaat.

Advertisements

5 thoughts on “Memotret Tanaman Air : Bunga Teratai

  1. nice. teratai memang selalu menarik untuk difoto. dan filosofinya yang tetap senantiasa indah di atas kubangan air kotor membuat nilainya semakin menarik dan indah.
    tapi kalau boleh kasih saran, coba foto teratainya dari samping, perlihatkan lapisan demi lapisan keindahan itu. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s