Info

Maulid Nabi Muhammad Saw

Lhokseumawe – 24 Januari 2013 merupakan hari maulid nabi besar Muhammad Saw. Di Lhokseumawe sendiri sebagian kampung-kampung merayakan perayaan maulid nabi dilakukan secara serentak.

Di kampung saya sendiri yaitu gampong Kutablang pelaksaan Maulid nabi dilakukan di pusat kampung yaitu di halaman mesjid Baitul Huda Kutablang. Perayaan maulid nabi di kampung kami dilakukan secara meriah dengan berbagai makanan yang tersedia yang diantar oleh penduduk gampong. Sebelumnya panitia memberitahukan bahwa makanan yang hendak di bawakan oleh penduduk gampong Kutablang telah bisa dibawa mulai pukul 09.30 wib.

Hal yang menarik dalam perayaan maulid yaitu makanan yang dibawakan berkhas Aceh. Tentunya mungkin inilah Aceh yang memiliki ciri Khas tersendiri. Makanan yang berkhas Aceh itu seperti kari kambing, pajri (nenas manis), ikan bandeng tumis Aceh, nasi kuning, serta jenis-jenis masakan yang lain. Dan tidak lupa dengan pelengkap lainnya seperti kerupuk melinjo, pulot (beulekat), pisang dan lain-lain.

Perayaan maulid juga dimeriahkan dengan penampilan grub meudikee (zikir), yang merupakan binaan dari warga gampong Kutablang yang telah berlatih selama beberapa minggu. Penampilan meudikee ini tentunya menunjukkan inilah Aceh yang memiliki ciri khas tersendiri juga dalam perayaan maulid. Begitu juga dengan wilayah lain di Indonesia yang memiliki ciri khas dalam perayaan maulid. Seperti jogja dengan gerebek maulid.

Tapi bagaimanapun perayaan maulid nabi, ada hal yang selalu kita ambil hikmahnya yaitu maulid nabi mengajarkan kuta untuk berbagi kepada sesama umat serta mengambil setiap sunah rasul agar hidup ini lebih baik…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s