Info

Jumat Di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Banda Aceh – Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh merupakan situs sejarah. Selain itu  mesjid ini merupakan ikon kota Aceh. Apalagi saat ini pemerintah Aceh telah meresmikan tahun kunjungan ke Aceh (Visit Aceh 2013). Dan
Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh masih menjadi ikon Bandar Wisata Islami di media Cetak maupun di media Elektronik untuk Aceh.

Pada kesempatan kali ini saya melaksanakan salat jumat di Mesjid Raya Baiturrahman. Betapa senangnya saya, mengapa tidak? Karena untuk pertama kalinya saya dapat melaksanakan salat jumat di mesjid yang mempunyai historis sejarah Aceh, dan sebelum-sebelumnya saya hanya melaksanakan salat wajib saja.

Adzan bergema, maka dimulailah
waktu masuknya salat jumat. Jam menunjukkan pukul 12.15 wib. Sebelumnya saya berangkat dari Lhokseumawe menuju Banda Aceh pada pukul 06.18 wib, dan tiba di kota Banda Aceh pada pukul 11.09 wib. Setelah sampai maka saya pun bergegas mencari alamat jl.Imam Bonjol untuk mengambil Surat Bukti Ujian di Pegadaian Syariah Banda Aceh. Dan tujuan utama saya adalah untuk mengikuti seleksi penerimaan pegawai tetap Pegadaian.

Setelah mendapatkan SBU tersebut maka saya pun ingin ke mesjid. Tapi terjadi insiden motor yang saya kendarai mengalami kerusakan, ban depan motor saya bocor. Maka saya menuju bengkel terdekat. Setelah diperbaiki maka saya pun menuju ke mesjid.

Khutbah jumat pun menjadi santapan rohani saya pada waktu jumat (23/11/2012). Tema khutbah jumat yaitu masalah keadilan dalam berdagang. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa seburuk-buruk tempat adalah pasar, dan sebaik-baik tempat adalah mesjid. Dan ini menjadi landasan bahwa kita bukan hanya berdagang saja melainkan mengetahui tata cara berdagang serta konsekuensi dalam dunia jual beli.

Setelah selesai mengikuti salat jumat, maka saya pun membaca buletin yang diterbitkan oleh pengurus besar mesjid Baiturrahman. Buletin yang diterbitkan itu setiap jumat selalu dibagikan kepada jamaah secara cuma-cuma untuk dibaca sebelum khutbah jumat berlangsung maupun setelah salat jumat dilaksanakan.

Setelah salat jumat dilaksanakan saya pun membaca buletin tersebut, dengan menerbitkan berita utamanya adalah Kekejaman Yahudi terhadap Palestina, Pengumpulan dana Dari Aceh untuk Palestina yang berjumlah 1 milyar lebih, serta kedatangan beberapa artis Ibukota dalam Pengumpulan Dana Dari Aceh Untuk Palestina. Yang pastinya memberikan info kepada pembaca bahwa kita peduli terhadap saudara kita yang mengalami penindasan oleh kaum Zionis di Timur Tengah itu.

Selain itu, panitia Mesjid Raya mengumumkan untuk mengajak kita semua warga Aceh untuk mendengar Dakwah Islamiyah oleh Ustad Irfan Yusuf dari Binjai, Sumatera Utara di lapangan Blang Padang pada hari minggu tanggal 25 November 2012 setelah bada Isya pukul 20.00 wib dalam rangka tahun baru Islam. Jadi bagi anda yang berada di kota Banda Aceh harap mendengar Dakwah Islamiyah ini.
SEKIAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s