Ragam

Santai Sejenak

Lhokseumawe – Rabu sore, handphone saya berbunyi menandakan sms masuk dengan pesan yang super singkat “dmana ri?”. Lalu saya mengambil handphone saya yang lain untuk melakukan pemanggilan ulang, dan setelah mengatakan saya sedang dirumah,  teman saya mengajak untuk jalan-jalan sore karena dia sedang bosan seharian ada di rumah.

Lalu dia pun menjemput saya untuk jalan-jalan sore. Dengan cuaca mendung akhirnya gerimis pun turun. Karena teman saya menuju arah pantai pardede, saya pun mengatakan ingin memposting artikel yang saya tulis melalui handphone android saya dengan memanfaatkan wifi telkom gratis di Pantai Pardede.

Dengan duduk santai sambil melihat pemandangan laut membuat pikiran saya relax, serta  stres dan masalah yang saya hadapi hilang sejenak dengan melihat orang yang sedang menangkap ikan bersama dengan jaring atau lebih dikenal tarik pukat.

Melihat pemandangan laut saya berfikir betapa Maha Luas Ciptaan Allah Swt, Bumi, dan alam begitu luas dan begitu mudahnya memberikan rezeki bagi hamba yang benar-benar mensyukuri nikmatnya.

Laut Pardede ini dulunya merupakan pelabuhan bagi kapal-kapal singgah. Di awal masa jayanya pelabuhan Pardede ini memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan kota Lhokseumawe. Hal itu terlihat saat saya mengabadikan sebuah lukisan yang dilukis dari sebuah foto tahun 1928 awal pembangunan kota Lhokseumawe. Dengan adanya pelabuhan yang ada maka berdirilah gudang-gudang penyimpanan yang kini masih berdiri dan di beri nama jalan gudang. Selain itu juga terdapat stasiun kereta api yang relnya memutar kembali seperti saat ini jalur jalan kendaraan bermotor yang dapat memutar kembali di depan gedung BNI Sukaramai.

Dan sekarang tahun 2012 ini jejak pelabuhan itupun hilang akibat adanya dinding penahan ombak, dan sekarang yang tersisa yaitu gudang di sepanjang jalan gudang serta menara yang dibangun pada tahun 1980-an yang menjadi panutan nelayan saat melaut bahwa lampu menara tersebut adalah kota Lhokseumawe.

Melalui tulisan ini mungkin saya dapat memberikan kontribusi terhadap tahun kunjungan visit Aceh 2013 nantinya, dan semoga wisata Aceh semakin maju di masa-masa yang akan datang…
Sekian….

Leave a Reply

