Info

Bendung Peusangan

Sungai Peusangan termasuk sungai terpanjang yang berada di Aceh. Aliran sungai ini berasal dari puncak pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Aceh Tengah dengan ibukotanya Takengon. Aliran air sungai ini berasal dari Danau Laut Tawar. Selanjutnya aliran sungai ini bermuara di selat Melaka Kabupaten Bireun. Sungai ini memiliki panjang mencapai 142 km dengan kemiringan rata-rata 0,008445. Sungai Peusangan ini memiliki luas DAS 2007 km2. Setiap tahun pada musim penghujan sungai ini kerap dilanda banjir, sungai ini bisa menjadi sangat berbahaya diakibatkan oleh besarnya debit banjir yang terakumulasi dari DAS yang sangat luas.

Di Kabupaten Bireun, tepatnya di kecamatan Juli berdiri sebuah bendungan yaitu bendung Peusangan yang dibangun pada tahun 1991 oleh pemerintah Aceh. Bendung Peusangan ini sangat penting bagi pertanian di daerah ini karena bendung Peusangan mengairi 6562 HA sawah di Kabupaten Bireun. Bisa anda bayangkan betapa pentingnya bendung Peusangan ini bagi masyarakat yang mencari nafkah dengan bertani.

Setelah 20 tahun sejak didirikan pada tahun 1991, anda bisa melihat bendung peusangan ini melalui jalan Bireun-Takengon yang masih berdiri kokoh dengan aliran airnya yang deras. Selain itu daerah aliran sungai ini masih terjaga dengan baik dan sangat alami, sehingga anda dapat menikmati keindahan alam dari area bendungan ini.

Inilah foto-foto bendung Peusangan yang saya ambil pada tanggal 06 September 2011bersama rekan-rekan.

Advertisements

4 thoughts on “Bendung Peusangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s