Ragam

DIRGAHAYU NEGERIKU, INDONESIA

Lirik Lagu H. Mutahar Hari Merdeka (17 Agustus 1945)

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Itulah syair dari lagu yang sering kita dengar di hari kemerdekaan. Dan hari ini(17/08/2011) adalah hari Kemerdekaan bangsa kita ke 66,  17-08-1945 sampai 17-08-2011. Hari yang penuh sejarah bagi bangsa kita, bangsa Indonesia. Dengan berbagai peristiwa yang mengantarkan kita kepada Kemerdekaan di tahun 1945. Perjuangan pahlawan kita yang tidak mengenal lelah dalam merebut kemerdekaan dari Jepang dan juga mempertahankan bangsa ini dari berbagai agresi yang dilancarkan oleh Belanda setelah Indonesia Merdeka.

Pukul 10.10 wib tanggal 17 Agustus 1945 adalah detik-detik kemerdekaan yang dibacakan oleh Presiden pertama kita Ir. Soekarno di Jakarta. Dan dari mulut ke mulut, radio-radio RI, hingga akhirnya seluruh penduduk Indonesia mengetahui bahwa Indonesia telah Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan sejak itulah hari baru telah dimulai oleh bangsa kita, bangsa yang besar, bangsa Indonesia.

Dirgahayu Republik Indonesia ke 66 adalah hal yang patut kita syukuri di tahun ini. Negeri kita, negeri yang mempesona dengan berbagai karunia dari Tuhan yang Maha Esa mulai dari alamnya yang eksotik, negara kepulauan yang luas, keanekaragaman  adat dan budaya, agama serta negeri yang kaya akan sumber daya alam.

Setelah kemerdekaannya bangsa ini banyak mengalami kemajuan. Namun di balik kemajuan tersebut bangsa kita juga masih mengalami berbagai persoalan di negeri ini. Mulai dari kemiskinan, masalah kesenjangan sosial, pendidikan, korupsi, teknologi, penderitaan TKI di luar negeri, dan berbagai masalah lainnya. Korupsi yang kini menjadi suatu masalah Nasional yang setiap hari diberitakan di media elektronik, baik radio, televisi, maupun internet tidak ada henti-hentinya telah mencoreng negeri ini.

Di lain pihak bangsa kita tidak hanya larut dalam berbagai persoalan yang mendesak dalam negeri ini, namun anak-anak bangsa ini tetap berkarya melalui dunia pendidikan, seni, dan berbagi inovatif dalam dunia teknologi. Inilah semangat kemerdekaan yang tidak akan pudar dari anak negeri ini. Dunia pendidikan dapat mengubah semua kehidupan untuk menjadi lebih baik di kemudian hari. Karena ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa, termasuk bangsa kita bangsa Indonesia. Keanekargaman Nusantara yang merupakan warisan budaya bangsa ini tetap dapat terjaga dengan cara mempelajarinya keanekaragaman budaya sehingga kebudayaan ini dapat terus dilestarikan dan menjadi aset bangsa dalam berbagai aspek seperti ilmu pengetahuan, wisata, dan lain-lain.

Di hari kemerdekaan ini, setiap penduduk Indonesia banyak menuturkan harapan terhadap negeri ini agar bangsa Indonesia semakin jaya, dan dapat bangkit  untuk  menjadi macan Asia. Semoga harapan-harapan yang telah di doakan dapat tercapai di tahun-tahun mendatang. Amiin…Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Indonesia.

Advertisements

2 thoughts on “DIRGAHAYU NEGERIKU, INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s