Info

Hutan Kota II

Lhokseumawe – Hai pembaca semua, terima kasih telah mengunjungi blog saya lagi. Pada artikel sebelumnya penulis pernah mengangkat tentang hutan kota yang ada di kota Lhokseumawe. Dan Dalam artikel kali ini pun penulis kembali melirik tentang fungsi dan manfaat hutan kota itu sendiri bagi Kota Lhokseumawe.

Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan memberikan slogan kepada Hutan Kota yaitu Jagalah Hutan Kota dan Lingkungan Hidup. Setiap pagi dan sore hari dinas terkait selalu menyiram pohon dan tanaman , baik di jalan Merdeka, dan juga di kawasan Cunda Jl. Medan-B.Aceh, maupun di kawasan lain yang ada di Kota Lhokseumawe. Hal ini dilakukan agar tanaman yang telah ditanam dapat benar-benar tumbuh dan berguna bagi lingkungan serta bagi seluruh lapisan masyarakat. Mungkin hal ini kurang kita perhatikan selaku pengguna jalan. Namun, sebenarnya sangat banyak manfaatnya bagi pengguna jalan itu sendiri dan masyarakat sekitar. Adapun fungsi Hutan Kota yaitu :

a)      Menjaga nilai estetika

Dalam hal ini yang dimaksud adalah nilai pandangan kita akan keindahan alam. Setelah terjadi pembangunan gedung-gedung maupun trotoar jalan namun tanpa adanya pohon maupun taman rasanya ada yang kurang dalam hal konsep keserasian alam. Lihat saja gambar dibawah ini benar-benar menjaga nilai estetika suatu bangunan dengan alam sekitarnya.

b)      Memperbaiki dan menjaga iklim mikro

Seperti yang kita ketahui perubahan cuaca sangat rentan terjadi, begitu juga iklim. Bumi kita sekarang telah terjadi pergeseran iklim yang diakibatkan oleh menipisnya lapisan ozon. Menanam pepohonan merupakan langkah yang paling bijak dalam memperbaiki dan menjaga iklim, disamping langkah-langkah lain yang dapat dilakukan.

c)      Membuka lebih luas daerah resapan air

Daerah resapan air sangat berguna bagi kelangsungan kita agar air yang dihasilkan dari sumber mata air dapat benar-benar terjagai-hari dan bersih. Dan akhirnya dapat kita pergunakan bagi kehidupan sehari.

d)     Menciptakan keseimbangan dan keindahan lingkungan kota

e)      Pengendali pencemaran udara

Karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dapat dikendalikan oleh tumbuhan karena tumbuhan memerlukan gas tersebut untuk melakukan proses fotosintesisi pada siang hari, dan menghasilkan gas oksigen. Maka tumbuhan sangat berguna bagi pengendali pencemaran udara di perkotaan.

f)       Memberikan kenyamanan dan kesejukan

Dengan cuaca yang saat ini benar-benar panas yaitu sekotar 30 derajat celcius maka tumbuhan dapat memberikan kenyaman dan kesejukan bagi kita semua, terutama pada siang hari.

g)      Memberikan dampak penghijaun pada wilayah perkotaan

Tumbuhan dengan  ciri khasnya yaitu daunnya yang berwarna hijau sangat membantu dalam memberikan penghijuan bagi wilayah perkotaan, sehingga alam terasa lebih segar dan lebih sejuk.

Sedangkan manfaat dari Hutan Kota yaitu :

  1. Pariwisata alam perkotaan

  2. Sarana rekreasi dan atau olahraga

  3. Sarana penelitian, pendidikan dan pengembangan

  4. Pelestarian plasma nutfah dan keanekaragaman hayati

  5. Budidaya dan konsentarasi tanaman hutan kota

  6. Meningkatkan cadangan oksigen dalam wilayah perkotaan

Setelah membaca artikel ini, semoga pembaca dapat menambah wawasan tentang fungsi dan manfaat hutan kota dan makin mencintai alam sekitar. Trims…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s