Info

Wisata Air Terjun Blang Kolam

Aceh Utara – Wisata Air Terjun Blang Kolam merupakan wisata dengan objek suasana alam yang benar-benar asri,  kelestarian alamnya terjaga serta udaranya yang sejuk dan benar-benar segar. Air terjun ini terletak di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Untuk menuju air terjun ini bisa ditempuh dari Kota Lhokseumawe, yaitu dari Simpang Buloh Cunda menuju Jalan Buloh Blang Ara dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil pribadi. Lamanya perjalanan yang ditempuh dari Simpang Buloh ini yaitu sekitar 1 jam perjalanan dengan sepeda motor.

Untuk kondisi jalan sekitar 10 km masih sangat baik, namun untuk jarak 5 km selanjutnya jalan yang ditempuh bebatuan, karena tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat. Untuk Akhir pekan seperti sabtu minggu air terjun ini selalu dipadati oleh wisatawan lokal, baik dari masyarakat Kota Lhokseumawe, masyarakat Aceh Utara, maupun dari Kabupaten lain yang ada di Provinsi Aceh.  Namun hal itu dapat terbayar oleh suasana alam pedesaan untuk menuju tempat wisata ini, karena selama dalam perjalanan anda dimanjakan oleh suasana alamnya yang indah, pemandangan bukit-bukit yang ditumbuhi oleh pohon-pohon yang besar serta oleh kebun-kebun warga sekitar, baik kebun rambutan durian, pinang maupun oleh kebun sawit milik perusahan PT. BlangKolam Adipratama maupun milik masyarakat sekitar.

Penulis sendiri melakukan perjalanan ke tempat wisata Air Terjun Blang Kolam ini pada hari minggu (24 Juli 2011) bersama dengan kawan-kawan serta sahabat.  Kami berangkat pukul 12.45 wib dan tiba di tempat tujuan pukul 13. 40 wib. Awalnya kami mengira sedikit orang yang pergi untuk berwisata ke air terjun ini, ternyata setelah di temapt tujuan ternyata air terjun ini telah dipadati oleh wisatawan yang pergi bersama keluarga, maupun bersama teman-teman. Ada yang mulai datang dari pagi, dan ada juga yang datang pada siang hari seperti saya.

         

Untuk fasilitas umum di kawasan Air Terjun Blang Kolam tertata dengan baik, serta cukup terjaga dengan baik oleh warga sekitar kawasan air terjun yang terletak di desa Sido Mulyo ini. Fasilitas yang umum yang ada di kawasan ini yaitu Musholla, tempat parkir, dan pengunjung disambut oleh pintu gerbang untuk menuju kawasan Air Terjun Blang Kolam. Untuk parkir kendaraan sepeda motor anda hanya cukup membayar Rp 5.000,- saja, dan untuk mobil sekitar Rp 10.000,-. Namun anda tidak perlu khawatir karena kendaraan anda benar-benar terjaga oleh petugas parkir. Selain itu ada juga warung-warung kecil yang menjual makanan seperti rujak, minuman dingin dan sebagainya.

Nah perjalanan anda bukan hanya sampai di pintu gerbang ini saja. Setelah anda memarkirkan kendaraan pribadi anda maka anda harus menuruni bukit beberapa ratus meter ke bawah. Untuk menuju air terjun ini anda di kenakan biaya kebersihan Rp 2.000,- per orang. Untuk menuruni bukit ini anda juga tidak perlu khawatir karena telah tersedia ada anak tangga yang dibuat pada tahun 70-an, dan masih kokoh, tetapi ada juga yang telah bergeser akibat penurunan tanah. Anak tangga untuk turun ke bawah seluruhnya berjumlah 680 buah, namun ada juga masyarakat sekitar mengatakan berjumlah 660 buah. Perbedaan jumlah anak tangga itu mungkin diakibatkan dari bebarapa anak tangga yang telah patah akibat pergesaran tanah selam beberapa tahun ini.

Selama anda menuruni anak tangga ini pengunjung pasti tidak akan mengalami kelelahan karena objek alamnya ini sangat indah dan pastinya pengunjung akan langsung mengambil kamera atau handycam untuk mengabadikan perjalanan menuju kedasar tempat air terjun ini,  seperti yang penulis lakukan bersama dengan kawan-kawan untuk melakukan beberapa foto bersama-sama. Disepanjang perjalanan ini pengunjung dapat membeli minuman karena terdapat pedagang-pedagang kecil yang menjual minuman pelepas dahaga serta makanan-makanan ringan.

Setelah 10 menit melakukan perjalanan menuruni anak tangga maka akhirnya pengunjung dapat menikmati keindahan panorama air terjun ini, dan Wah Subhanallah indahnya air terjun ciptaan Allah Swt ini. Dan bukan itu saja, bagi pengunjung yang suka berenang, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat berenang dan anda dipantau oleh petugas yang berasal dari warga setempat untuk terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu anda dapat juga melakukan acara makan bersama seperti memanggang ikan. Nah untuk itu anda hanya perlu membawa peralatan dan perlengkapan sendiri.

Bagi anda yang penasaran dengan Air Terjun Blang Kolam, anda dapat melihat foto-foto hasil jepretan penulis bersama-sama dengan kawan-kawan di http://facebook.com/azhari.thebrighents 


          

Advertisements

5 thoughts on “Wisata Air Terjun Blang Kolam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s