Life

Memahami Kata Bijak

Apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini, maka janganlah di tunda esok hari. Kalimat “Apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini, maka janganlah di tunda esok hari” merupakan kata bijak yang sederhana, dan mungkin sering kita baca dari buku-buu bacaan maupun dari suatu artikel atau kita dengar dari orang tua kita, saudara kita, dan paling sering dari guru kita. Penulis sendiri mendengar kalimat tersebut sejak SD dan sampai saat ini masih menjadi pedoman dalam setiap melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan yang berkelanjutan. Contohnya adalah pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru, karena biasanya pekerjaan rumah tersebut diberikan waktu satu minggu bahkan lebih lama. Dan itu artinya tugas yang diberikan itu memakan waktu yang lama dan bisa saja sulit dikerjakan untuk dikerjakan dalam waktu satu atau 2 hari saja. Untuk itu kita diberikan waktu tenggang, agar kita dapat bertanya kepada guru yang bersangkutan atau kepada teman yang ilmunya lebih daripada kita.

Suatu pekerjaan yang ditunda dengan secara sengaja dalam konteks malas,  maka pekerjaan itu nantinya akan dibuat secara tergesa-gesa. Dan apabila pekerjaan dibuat dengan tergesa-gesa maka hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Akhirnya kita pun tidak memahami tujuan dari tugas yang telah diberikan oleh guru kita yang sangat berguna untuk kita.

Penulis sendiri selalu mencoba memahami kata bijak “Apa yang bisa kita kerjakan pada hari ini, maka janganlah di tunda esok hari” karena kata bijak ini sangat berguna bagi kita. Mungkin saat ini kalimat ini tidak begitu berarti dan hanya sepintas angin lalu namun ketika kita telah dewasa, maka kita akan menyadari ternyata benar apa yang telah dinasehatkan oleh orang-orang yang sayang kepada kita. Dan disaat itulah kita dapat berfikir sambil mengucapakan “oh ternyata benar ya, apa yang telah diucapkan itu berguna sekali bagi kita.

Penulis sendiri ketika telah mendapatkan ide atau gagasan untuk menulis maka penulis tidak ingin menundanya apabila tidak mempunyai kesibukan lain, karena belum tentu ide yang telah ada akan kembali didapatkan pada esok harinya. Pembaca sendiri pun dapat menyadari akan hal itu. Ide untuk menulis mungkin hal yang biasa bagi sebagian orang, namun  bagi saya itu menjadi penting karena ketika saya telah mendapatkan ide atau gagasan apabila ditunda esok harinya maka penulis mungkin akan sedikit lupa dan membutuhkan konsentrasi yang sedikit lama. Namun apabila ide atau gagasan untuk menulis itu telah dituangkan dalam kata-kata pada hari ini, kemudian disimpan maka untuk esok hari penulis hanya perlu untuk melanjutkan kembali apa yang telah ditulis kemarin.

Dalam prinsip kehidupan pada intinya kita mempunyai 3 masa yaitu Yesterday (kemarin), Today (hari ini), dan Tomorrow (Esok hari). Yesterday merupakan kejadian yang telah kita lalui, itu artinya 1 hari telah berlalu dan akan berhubungan dengan hari ini. Today adalah saat ini (hari ini) inti apa yang kita kerjakan dan apa yang kita inginkan. Sedangkan tomorrow adalah esok hari yang tidak seorang pun mengetahui apakah kita masih bisa mengerjakan tugas di hari ini. Bersyukurlah seandainya kita masih bisa melalui esok hari sehingga kita dapat mengerjakan pekerjaan yang belum terselesaikan pada hari ini. Begitu juga sebaliknya sangat disayangkan pekerjaan yang kita kerjakan belum dapat diselesaikan dengan baik.

Dan untuk kali ini, hanya itu saja yang dapat penulis tuangkan hanya dalam beberapa paragraf, dan semoga pembaca dapat memahami makna kata bijak yang sederhana ini. Demikianlah harapan penulis, untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pembaca, dan penulis sangat menghargai saran dan kritikan karena kedua hal itu sangat berguna bagi penulis sendiri agar penulis dapat memperbaiki kesalahan yang ada serta dapat lebih baik lagi pada tulisan berikutnya.

Wassalam

(AZHARI)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s